Saturday, September 26, 2020

Publishing Labda Gelar Pelatihan Penulisan Straight News

 

 

 
            (Pelatihan penulisan straight news secara virtual. Semarang, Sabtu 26/6/2020)
 

SEMARANG, Walisongo Publishing- Divisi Publishing Laboratorium Dakwah (Labda) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang telah menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Straight News secara virtual melalui zoom. Sabtu, (26/6/2020).

Acara tersebut menghadirkan pemateri Muchammad Dafi Yusuf yang merupakan jurnalis di Suara.com dan Serat.id.

 Menurut Davi, dalam menulis berita kita harus objektif, jangan sesekali menulis berita yang berkaitan dengan keluarga karena itu akan mempengaruhi objektivitas dalam menulis. Jangan juga, menjadikan orang terdekat sebagai narasumber primer karena hal itu juga bisa mempengaruhi news value.

“Ketika menulis berita, harus mendidik, mencerahkan, dan jangan sampai kita memanfaatkan situasi atau terbawa arus,” Kata Dafi.

Turut hadir juga, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Ilyas Supena, M.Ag.

“Penguatan dakwah bil qolam ini menjadi penting, karena di era sekarang sulit sekali kita melihat tulisan yang dikemas dengan jujur, dengan nilai Islami yang seharusnya bisa menjadi kedamaian qolbu,” kata Ilyas Supena dalam sambutannya. 

Ilyas juga menambahkan, pelatihan penulisan berita seperti ini penting agar ada keintegrasian antara nilai praktis dan dakwah yang kemudian diterapkan saat menulis berita. Dengan tujuan generasi dakwah dapat mengisi kekosongan di new media dengan keintegrasian ilmu tersebut.

Usai paparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat saat sesi tanya jawab, banyak peserta yang aktif bertanya. Follow up dari kegiatan ini yaitu peserta yang hadir diwajibkan menulis berita sebagai absensi kehadiran dan uji kepamahan mengenai berita straight news.

Reporter: Fina Idamatussilmi 

Editor: Siti Rohmah

0 komentar:

Post a Comment