Thursday, May 21, 2020

Hikmah Al-Qur'an Bagi Generasi Milenial



SEMARANG, Walisongo Publishing– Al-Qur'an merupakan petunjuk bagi orang-orang bertakwah. Pengasuh Pondok Pesantren Fadlu Fadlan, Fadlolan Musyafak mengemukakan pendapatnya perihal manfaat membaca Al-Qur'an.

Menurutnya, banyak orang yang hanya terfokus dalam membaca Al-qur’an. Padahal selain membacanya kita juga harus menghayati makna dan hikmahnya.Ketika seseorang membaca Al-qur’an ia telah memperoleh nilai-nilai dalam Al-qur’an, namun sebagai umat terbaik ia harus melampaui hal tersebut, yaitu dengan memperoleh hikmah dari alqur’an.

Hal itu disampaikan saat memberkan tausiahnya dalam acara khataman Al-qur’an Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo secara llive streaming, Rabu (20/5).

“Seseorang dikatakan memperoleh hikmah alqur’an ketika ia bisa mengatur agama dan negaranya dengan berlandaskan Al-qur’an. Saat ini generasi milineal sedang diuji dengan adanya internet, narkoba dan aliran-aliran radikal, untuk itu al-qur’an harus dijadikan pedoman hidup,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fadlolan mengatakan, di era bebas informasi seperti sekarang, negeri ini membutuhkan kader yang mampu melakukan perubahan dan mempertahankan republik Indonesia dengan nilai-nilai agama.

“Negara ini membutuhkan orang-orang yang berakhlak alqur’an, kemudian ia dapat menggerakan negaranya dengan mempertahankan nasionasime dan patriotisme. Semua itu harus berasaskan syariat Islam dan Al-Qur’an,” katanya.

Sementara itu, Dekan FDK, Ilyas Supena menyampaikan apresiasinya dalam acara tersebut. Ia pun menekankan bahwa tugas utama umat adalah melakukan amar ma’ruf nahi mungkar

"Saya mengucapkan apresiasi saya dalam acara khatmil qur’an, ini adalah upaya awal untuk menyebarkan dakwah yang rahmatalil alamin bagi umat Islam,” Ujarnya saat memberi sambutan.

Ilyas pun berharap, dengan adanya acara khataman Al-qur’an ini FDK bisa memperoleh hikmah dari Al-qur’an.

“Semoga melalui acara ini, keluarga besar FDK memperoleh hikmah dan keberkahan dari Al-qur’an. Ilmu yang kita peroleh bermanfaat di dunia dan akhirat,” pungkasnya.


Reporter :  Siti Rohmah

0 komentar:

Post a Comment