Saturday, November 26, 2016

BANGUN TEAM WORK YANG KUAT


Oleh: Edi Hermawan (Ediedhodhodoe)

Kekompakan dalam suatu tim merupakan hal yang penting. Sebab, kekompakan tentu akan mempengaruhi keberhasilan dari suatu kegiatan ataupun acara yang akan berlangsung. Untuk membentuk tim yang kompak dan solid tentunya bukanlah hal yang sulit tetapi juga tidak mudah. Tidaklah mudah, karena dikatakan sebagai tim berarti ada beberapa orang yang terlibat didalamnya.
Setiap orang dalam tim tentu memiliki pemikiran, sifat dan perilaku yang berbeda-beda, hal tersebut akan menjadi hambatan jika tidak di tangani dengan cepat dan tepat. Salah penanganan bisa membuat tim menjadi berantakan, tidak kompak dan akhirnya acara atau kegiatan yang akan anda lakukan gagal.

Membangun tim bukanlah hal yang sulit. Jika anda mau mengkaji lebih dalam, maka akan ada banyak solusi dalam membangun sebuah team yang hebat. Demi menyikapi perbedaan sifat dan karakter masing-masing orang dalam tim, berbagai macam cara dapat digunakan oleh leader of team (pemimpin tim) untuk membangun tim yang kompak dan solid.
Dalam kesempatan kali ini kami bermaksud berbagi solusi yang menurut kami efektif dan bisa diaplikasikan dalam tim yang akan anda buat. Berikut adalah beberapa tips mengenai cara membangun team yang hebat, yaitu:
  1. Tujuan
Tahap awal yang harus dilakukan adalah menciptakan tujuan tim yang jelas. Tentukan tujuan dan harapan dalam tim secara jelas dan spesifik. Untuk itu anda harus melakukan rapat rutin dan mengatur pola komunikasi yang terbuka.
  1. Kepercayaan
Cara membangun kepercayaan dalam tim adalah dengan membuat mereka berani bicara untuk mengutarakan opini. Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan.
  1. Menjalin kedekatkan dengan anggota tim
Tak ada salahnya sesekali melakukan kegiatan yang bisa mendekatkan anggota tim. Melakukan makan siang atau makan malam bersama-sama tim secara rutin, merupakan contoh sederhana sebuah kegiatan yang bisa mendekatkan tim. Dengan bertemu di luar lingkungan kerja, sesama anggota tim bisa saling mengenal secara personal.
  1. Jangan menunda reward (penghargaan)
Agar anggota tim merasa hasil kerja mereka dihargai adalah dengan membuat reward system (sistem penghargaan). Siapa saja anggota tim yang berhasil berprestasi, maka berilah penghargaan, bisa berupa insentif atau lainnya. Ciptakan kompetisi yang sehat di dalam tim, tapi tetap fokus pada tujuan bersama.
  1. Kompetensi dalam anggota tim
Team work bisa berhasil jika masing-masing anggota melakukan pekerjaan yang sesuai kompetensi mereka. Selalu komunikasikan mengenai tugas, kendala saat mengerjakan tugas, dan apakah mereka mampu mengerjakan. Jika ada anggota tim yang belum memiliki keahlian tertentu, maka memungkinkan mereka mendapatkan training atau pelatihan.
  1. Lakukan pemeriksaan secara rutin
Secara rutin, lakukan pengukuran dan pemeriksaan hasil kerja setiap anggota tim. Pemeriksaan rutin ini untuk bisa mengetahui perkembangan pekerjaan, kesulitan yang dialami, atau bisa saja ada perubahan yang perlu dilakukan di tengah jalan untuk bisa mencapai tujuan.

Sekian Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment