Monday, October 19, 2020

Bercocok Tanam, Menjadi Pilihan Untuk Produktif di Masa Pandemi



Tanaman Hidroponik (Doc/pribadi)

BOYOLALI, Walisongo Publishing- Bercocok tanam, adalah ha yang sangat digemari oleh banyak sekali orang. Tak hanya wanita saja, namun bercocok tanam memang lazim dilakukan oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua pun menggemari hobi yan bisa dibilang mengasyikkan ini. (15/10)

Bercocok tanam adalah kegiatan yang dilakukan karena senang melakukannya atau hobi yang tujuannya adalah mempercantik dan menyegarkan ruangan atau halaman rumah. Selain itu, bercocok tanam sayuran pun juga dapat memberikan kesan tersendiri. Contohnya kita dapat menikmati sayuran yang kita tanam sendiri. 

Di dunia pertanian dan perkebunan sudah banyak sekali inovasi dan variasi untuk membuat media tanam yang lebih menarik lagi. Yang biasanya kita bercocok tanam menggunakan tanah, inovasi yang dilakukan yaitu menggunakan sabut kelapa, sekam, maupun air juga dapat kita gunakan. Selain menghemat pengeluaran, bercocok tanam seperti ini juga mudah dan tidak mengharuskan untuk mendapatkan lahan yang luas, cukup dengan menggunakan bagian depan teras rumah atau belakang rumah.

Seperti yang dilakukan oleh Ade Yulianti (37), ia membuat taman di depan rumah dengan menggunakan botol bekas. Dengan ditanami berbagai macam tanaman seperti, bunga mawar,bunga matahari, dan masih banyak lagi.”Saya membuat taman ini, karena saya kan banyak punya botol bekas yang tidak terpakai, jadi saya gunakan saja untuk menanam tanaman.” Kata Ade.

Selain bercocok tanam menggunakan tanah, Ade juga menanam tanaman hidroponik di dekat taman yang dia buat tadi. Berbagai macam tanaman sayuran yaitu, sawi, selada dan kangkung. Dengan mengalirinya dengan air yang ia sediakan di dekat tanaman nya tersebut, membuat taman yang dibuatnya terlihat lebih subur dan berwarna. “Selain bunga yang saya tanam, ada berbagai macam tanaman yang saya aliri dengan air atau kalo orang biasa menyebutnya hidroponik.” Tutur Ade

Metode hidroponik sendiri merupakan teknik menanam tanpa menggunakan tanah dengan mengalirkan larutan air ke akar tanaman. Metode ini juga sangat praktis untuk orang yang mempunyai lahan yang terbatas. Menurut Arif Hidayat, penjual tanaman hias di Boyolali ada berbagai jenis tanaman hidroponik yang sangat cocok untuk ditanam di rumah yaitu, tomat, kangkung, sawi, selada, cabai, packoy, kecambah, bayam, dan masih banyak lagi. “Contoh kecil kalo kita mau bercocok tanam dengan mudah,pakai saja cara hidroponik, hanya dengan menggunakan botol bekas dan juga air. Lebih hemat, praktis dan juga tidak perlu ribet.” Kata Arif.

Cara hidroponik seperti ini juga cocok diterapkan di kota-kota besar, yang tak punya lahan yang cukup besar namun ingin bercocok tanam dana tau menghasilkan sayuran sendiri untuk dikonsumsi. Karena selain hemat, cara ini sangat mudah dan tak perlu mengunakan lahan yang luas.

Reporter: Luqyana Anindya (1701026034)


0 komentar:

Post a Comment