Sunday, October 18, 2020

Mahasiswa UIN Sandang Double Duta

Nurul Hidayat saat mengenakan selempang Duta Wisata Demak (kiri), Nurul Hidayat saat mengenakan selempang Putera Pendidikan Jawa Tengah. (Doc. Pribadi)

SEMARANG, Walisongo Publishing- Nurul Hidayat, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Walisongo Semarang memperoleh dua gelar duta dalam waktu berturut-turut. Pada 2019, dirinya memperoleh gelar Duta Wisata Demak dan kembali meraih gelar duta pada ajang Putera Pendidikan Jawa Tengah 2020.

Menjadi duta pendidikan bukan tanpa alasan. Mahasiswa asal Demak ini mengaku senang dengan dunia pendidikan. Sejak SMA, ia sudah aktif mengajar ekskul marching band di beberapa sekolah dasar hingga SMA. Baginya, pendidikan tidak hanya soal pembelajaran di sekolah saja, tetapi juga ada pendidikan non akademik dan pesantren.

“Saya ingin menunjukkan bagaimana anak pesantren juga mampu berkompetisi dan berkontribusi diberbagai bidang, tidak hanya soal ilmu agama, namun juga ilmu-ilmu yang lain,” ujar Dayat, santri Pondok Pesantren Raudlotut Tholibin Semarang. (Kamis, 15/10/2020).

Prinsip hidup yang selalu ia pegang adalah: Kita hidup tidak cukup jika sekedar menjadi orang baik, tapi kita harus menjadi sebaik-baik manusia yaitu orang yang bermanfaat bagi orang lain.

“Menurutku, duta itu bukan hanya soal jadi juara atau sekedar mendapat title atau gelar, tapi duta adalah sebuah tanggungjawab atau amanah yang memang benar-benar harus bisa dijaga, digunakan sebaik mungkin untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitar kita,” kata Dayat.

Meski saat ini sedang dalam situasi pandemi, Duta Wisata Demak ini tidak tinggal diam. “Saat ini saya sedang persiapan bagaimana mulai membantu mengangkat wisata-wisata di era new normal, agar tempat wisata di Demak juga bisa pulih kembali,”.

Kesibukannya dalam dunia duta, tidak menghalangi kegiatan lain. Saat ini, Dayat masih sibuk di perkuliahan, organisasi kampus, komunitas angklung, dan menyalurkan hobi badmintonnya.

Ia mengaku ada perubahan setelah ia menjadi duta yaitu lebih menjaga attitude dan apa yang ia lakukan di kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan usai menjadi duta, maka otomatis akan menjadi tolok ukur anak muda di daerahnya.

Reporter: Fina Idamatussilmi (1701026059)

0 komentar:

Post a Comment