Monday, October 19, 2020

Perkebal Imun Melalui Olahraga Pencak Silat

MAGELANG, Walisongo Publishing – Kamis (15/10), Beladiri di masa pandemi. Adanya covid-19 memaksa kita untuk beraktifitas di rumah. Olahraga merupakan salah satu hal yang penting dilakukan masyarakat di tengah pandemi. Dengan berolahraga kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran. Sehingga imun menjadi semakin kebal untuk melawan virus.  

Beladiri Pencak Silat merupakan salah satu alternatif untuk berolahraga di rumah. Selain dapat  menjaga atau membela diri dari tindak kriminal, pencak silat juga dapat memperkuat imun kekebalan dan daya tahan tubuh juga memperlancar sirkulasi darah. 

Pencak Silat dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Kita tinggal menyesuaikan cuaca dan kondisi lingkungan atau tempat. Waktu pelaksanaan pun juga flaksibel, pagi, sore atau malam, yang pasti bukan siang. Karena siang hari stamina tubuh sudah menurun. 

Seperti halnya di rumah Ilham (25) yang bertempat di Saren, Purwosari Salaman, Magelang. Ia rutin mengelar latihan pencak silat di hari minggu mulai pukul 09.00 hingga selesai.

“ Banyak yang menyatakan ada waktu-waktu terbaik untuk melakukan olahraga. Namun, semua itu kembali ke diri dan sugesti kita masing-masing.” Tutur Ilham (25) salah seorang pelatih silat di Magelang. 

Sama seperti olahraga umumnya, silat diawali dengan pemanasan. Dilanjutkan dengan peregangan otot, olah nafas, shit up, push up, dan senaman yang dapat membentuk otot pada tubuh lalu diakhiri dengan pelemasan. 

“Waktu yang dibutuhkan untuk olahraga silat diukur dari umur dan stamina tubuh. Keefektifan untuk usia dini kurang lebih satu jam. Pra remaja – remaja kurang lebih 2,5 jam. Dewasa – usia lanjut dibutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3,5 disesuaikan dengan stamina dan kondisi tubuh juga.” Imbuh Ilham. 

Jadi, pencak silat tidak hanya diikuti atau dilakukan oleh kaum muda. Banyak anak yang masih berusia dini yang mengikuti pencak silat, bahkan tak sedikit orang yang sudah berusia lanjut yang turut serta. 

“Berolahraga seperti ini sangat baik untuk tubuh, selain dapat mengolah raga kita juga dapat mengolah nafas dan melindungi diri dengan tekhnik-tekhnik tertentu.” Ujmar Fajar (19) salah satu siswa didik Ilham. 

Tentunya selain mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja, yang pasti berolahraga melalui pencak silat, harus didampingi dengan yang sudah ahli. Jika memyangkut tentang tekhnik-tekhnik khusus untuk perlindungan dan pertahanan diri. 



Reporter: Faricha Azizah (1701026117)


0 komentar:

Post a Comment