Sunday, October 18, 2020

Paguyuban Tirta Graha Mandiri Dirikan Kampung Inggris di Kendal

 (kegiatan mingguan yang dilakukan oleh kampung inggris yang dikelola oleh Paguyuban Tirta Graha Mandiri)



KENDAL, Walisongo Publishing- Kegiatan Kampung inggris  yang dirikan oleh Paguyuban Tirta Graha Mandiri  dibuka secara resmi  tanggal 23 Agustus 2020 di perum graha raya Sari Rejo Kaliwungu Kendal. 

Peserta yang mengikuti kegiatan kampung inggris ini merupakan warga Graha Raya dengan dibimbing secara langsung oleh TIM AIO Semarang dan Dibantu Mahasiswa UIN Walisongo.

Kegiatan yang dilakukan setiap Minggu sekali ini, dilaksanakan di masjid Al-huda dengan biaya per kedatangan sebesar Rp. 10.000 per anak.

Sedangkan durasi waktu dalam pembelajaran bahas inggris ini dilakukan selama 90 menit dengan jumlah perkelas sebanyak 20 orang.

Siswa tak Cuma bisa belajar tapi siswa yang menjawab dari tanya jawab atau dialog interaktif akan mendapatkan hadiah berupa buku atau kamus yang mana tujuannya agar memacu semangat anak dalam belajar.

Kampung inggris ini memiliki sistem pembiayaan yang tidak memberatkan peserta didiknya karena menggunakan sistem pembiayaan secara gotong royong dengan prosentase 50 % dari anak didik, 25% dari Kas RT &  25 % dari paguyuban Tirta Graha Mandiri. Tak Cuma itu, Para Peserta didik tidak diributkan dengan administrasi karena sudah ada PIC (Person In Charge) Yang mengurusi.

Untuk memancing keaktifan dalam kelas, kampung inggris menggunakan Metode pembelajaran dialog Interaktif sehingga para peserta didik tidak banyak menulis.

Ketua Paguyuban Jawahir mengharapkan dengan adanya Kampung Inggris bisa membantu anak-anak dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.

“harapan saya dengan terbentuknya kampung inggris bisa membentuk anak-anak yang lancar dalam berkomunikasi dengan bahasa inggris yang merupakan bahasa global dan dapat memberikan bekal untuk masa depan “ tutur Jawahir

Menurut Gita salah satu warga yang anaknya mengikuti program tersebut program kampung inggris ini sangat membantu dalam menambah pengetahuan tentang bahasa inggris.

“ kami sangat membantu program tersebut dengan mengantarkan puta-putri kami untuk hadir mengikuti kegiatan tersebut “tutur Gita

Kampung inggris yang terbilang masih baru ini didirikan karena Inisiasi oleh Tim Paguyuban Tirta Graha Mandiri yang merupakan sebuah paguyuban yang bergerak pada air bersih. Kemudian sebagai tanggung jawab moral dan CSR  dari Paguyuban merumuskan kegiatan beberapa kegiatan dalam bidang pendidikan dengan membentuk kampung inggris, dalam bidang religius melakukan pelatihan rebana , dalam bidang pembangunan fisik melakukan pembuatan saluran air  dan dalam bidang olahraga dengan membentuk kegiatan bola voly.



Reporter: Fuad Nashrullah

0 komentar:

Post a Comment