Sunday, October 18, 2020

Metode Pembelajaran Daring di SMA Negeri 3 Pemalang


Metode Pembelajaran Menggunakan Elearning di SMA Negeri 3 Pemalang, kamis (15/10) foto Khoirotun Nisa


PEMALANG, Walisongo Publishing- Sejak merebaknya kasus covid di Indonesia, banyak hal yang pemerintah mengupayakan untuk menerapkan sistem pembelajaran online.

Salah satu sekolah yang sudah melakukan pembelajaran daring adalah SMA Negeri 3 Pemalang. Hal itu dikarenakan untuk menghindari penyebaran virus corona. Namun kebijakan guru dalam menerapkan metode pembelajaranya berbeda beda. 

Karena kemampuan ekonomi setiap orang berbeda beda maka  SMA Negeri 3 Pemalang ini memfasilitasi wifi dan komputer untuk memudahkan siswa yang terkendala internet dan kuota dengan syarat harus sesuai dengan protokol kesehatan. 

“Saya terkadang ngga ada kuota dan koneksi internet lemah mbak jadi saya ke sekolah memanfaatkan fasilitas wifi gratis sambil tengok sekolahan” Ujar Rizko salah satu murid SMA tersebut.

Sejak masa pandemi sudah banyak sekolah yang menggunakan berbagai metode pembelajaran, salah satu metode yang digunakan adalah lewat Elearning yang sudah disediakan sekolah. 

“Sejauh ini saya hanya memberikan gambar atau video yang berkaitan dengan materi, lalu siswa menyampaikan pendapatnya dalam bentuk tulisan, kemudian nanti saya akan tanya satu persatu untuk bab yang sudah dipelajari, namun baru baru ini saya mulai menggunakan metode zoom” ujar Khoirotun Nisa

Walaupun cukup membantu dalam keberlangsungan pembelajaran namun hal tersebut sebenarnya sangat tidak efektif karena tidak adanya kontak langsung yang terjadi antara guru dan siswa. 



Reporter: Indah Irmawati (1701026106)







0 komentar:

Post a Comment